Siera 881U tanpa Fitur GPS

Awal bulan Januari adalah peresmian saya mengupgrade firmware Modem Sierra 881U ini, kenapa ?. Karena banyak orang pengguna modem ini takut sekali megupgrade sendiri firmwarenya, dengan resiko garansi toko tidak berlaku lagi.

Banyak pengguna modem yang ingin mengupgrade modemnya menjadi GPS enabled, dikenakan biaya sekitar 150-200 ribu rupiah. Harga yang sebanding dengan resikonya, jika ada kesalahan saat upgrade firware maka hardware modem ini akan rusak.

Penasaran juga saya mengupgrade firmware GPS enabled sendiri, masih banyak waktu kosong saya manfaatkan untuk browsing. Akhirnya ketemu juga, hasilnya sukses tanpa masalah Modem yang dulunya gak support GPS, sekarang bisa Free GPS.

Harga    : Rp.850.000,- (Non GPS)

Aksesories

Docking : Rp.150.000,-

Batere    : Rp.90.000,-

Berapa duit jadinya hanya untuk menikmati GPS dengan sempurna ?.  Menurut sales toko, modem ini banyak diburu pelanggan, karena memiliki chipset GPS didalamnya yang sewaktu-waktu bisa diaktifkan (optional).

Bagi yang senang melakukan perjalanan jauh mungkin ini bermanfaat supaya gak nyasar, dimana kita bisa tahu posisi dan jarak kita ke SPBU, Hotel, Rumah Sakit, Restoran, Kampus, Mal dan tentunya lokasi tujuan kita.

Untuk kecepatan internet sendiri saya kategorikan kencang untuk download mencapai  > 30KB/sec menggunakan provider Indosat. Informasi aja modem ini HSDPA atau 3,5G dan wireless support.

Tahap-tahap upgrade firmware GPS pun mudah, kita siapkan saja software pendukungnya seperti 3G watcher, AC881U, Garmin Mobile PC, dan peta Indonesia. Bisa di download disini :

1. Software 3G Watcher update

http://www.sierrawireless.com/resources/software/MP3G/3G_Watcher_MP.msi

2. Sofware upgrade Sierra GPS enabled

http://www.sierrawireless.com/resources/software/88x/AC881U_F1_2_3_15ap.exe

3. Garmin Mobile PC dan Keys supaya gak trial lagi (pilih salah satu link aja)

http://rapidshare.com/files/160771994/grmpcmbl5.00.50.zip
http://rapidshare.com/files/160775647/GarminMobilePC_50050.rar

4. Garmin Mobile PC Upgrade

http://www8.garmin.com/support/collection.jsp?product=010-00685-00

5. Peta Indonesia

http://www.navigasi.net/goptd.php. Pilih tipe file GMAPSUPP.

Langkah-langkah yang harus diperhatikan adalah saat upgrade modem, Sim card dilepas (no sim card) dalam modem dan laptop/PC/modem harus keadaan On terus saat upgrade firmware modem (sekitar 10 menit), jika instal firmware putus maka hardware modem akan rusak.

Program Garmin (no trial)

Ngelock satelit bwt lokasi pencarian

Penampakan daerah kampus saya